Tugas 1 PBKK A

Nama: Donny Fitrado
NRP: 05111740000171
Kelas: PBKK A

Post kali ini akan bertujuan untuk memenuhi tugas kuliah pertama matkul PBKK. Mohon maaf karena adanya keterlambatan, dikarenakan saya yang seharusnya mengikuti student exchange ke YunTech, Taiwan, namun gagal dikarenakan maraknya virus corona.

1. Framework yang pernah dipakai:
  • Bootstrap
  • Laravel

2. Alasan menggunakan Laravel:
  • Dapat menggunakan template
Laravel memiliki template engine bernama Blade dimana dengan template ini frontend developer tidak harus belajar PHP secara langsung. Blade templating juga memudahkan untuk menggunakan beberapa template di template lainnya dengan konsep. Jadi proses development menjadi semakin cepat, efisien, dan bisa dikerjakan oleh banyak orang.
  • Bersifat open-source
Laravel merupakan framework bersifat gratis(open-source) yang dapat digunakan baik dalam pengerjaan proyek asli maupun proyek percobaan. Dengan menuju website Laravel dan mengunduh dile Laravel atau dapat juga menggunakan dependancy manager seperti Composer, kita bisa menggunakan Laravel sepuasnya.
  • Dapat menggunakan Composer
Composer dapat mengimplementasikan package dari pihak lain ke dalam projek kita dengan gampang menggunakan fitur autoloading dari composer, maka class-class dari package lain bisa dipanggil secara langsung tanpa include file secara manual.
  • Menggunakan konsep MVC
MVC merupakan singkatan dari Model, View, Controller. Konsep ini memisahkan 3 komponen tersebut dimana "Model" mencakup bagian data-data dalam satu aplikasi. "VIew" mencakup tampilan aplikasi tersebut dan "Controller: mencakup bagian proses-proses aplikasi tersebut bekerja. Pemisahan komponen-komponen tersebut bertujuan untuk mempermudah programmer di bagian dokumentasi proyek tersebut.
  • Komunitas Laravel yang besar
Laravel cukup banyak digunakan di kalangan web programmer, yang berarti jika terdapat suatu masalah, akan sangat mudah untuk menemukan solusinya di internet seperti pada situs stackoverflow ataupun di forum Laravel.
3. Penggunaan Laravel:
Saya menggunakan laravel untuk memenuhi tugas final project dari mata kuliah MPPL pada semester 5, yaitu membuat Sistem Informasi 'Buku Nusantara', yang memperbolehkan para user SI untuk melihat dan meminjam buku yang tersedia pada sistem.

4. Membuat Biodata menggunakan Framework Electron
Untuk source codenya, dapat dilihat di sini.

Berikut adalah screenshot dari hasilnya:
Terima kasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 2 - Pemrograman Orientasi Objek

Tugas 5 PBKK A

Tugas PBO - Tech Support